Monday, May 24, 2010

Ceng-cengan

Ceng-cengan adalah kegiatan guyon atau melucu yang dilakoni lebih dari satu orang, dengan permainan kata-kata yang dianggap lucu oleh pendengarnya.

Lahir tahun berapa, dimana dan siapa pencetusnya saya ga tau (jangan kebanyakan nanya, yee.. Kobokan nasi padang, udah baca aj sampe bawah)

Biasanya ceng-cengan dilakukan di tempat yang jauh dari keseriusan tapi di tempat kerja atau tempat serius lainya juga tidak bermasalah jika di kondisikan, karena ceng-cengan dilakukan untuk menghibur diri sendiri dan orang yang mendengarkanya di harapkan menertawai.

Ceng-cengan yang selama ini terdengar di telinga lebih cenderung mengungkapkan kekurangan lawan bicaranya namun harusnya jauh dari niat menghina karena di prioritaskan untuk sekedar melucu.

Ceng-cengan biasanya dilakukan dengan intonasi yang dianggap lucu atau gaya yang dianggap lucu juga, jangan harap orang bisa tertawa jika bahasa yang dilontarkan kaku atau tidak dimengerti pendengarnya.

Hal-hal yang seharusnya di hindari saat ceng-cengan berlangsung, jangan melontarkan berbau SARA, kata kotor, berbau sex atau jika di lingkungan remaja jgn bawa-bawa nama orang yang dihormati.

Di indonesia artis Warkop adalah pelawak senior yang sering melontarkan kata-kata yang dianggap ceng-cengan, masih banyak artis lawak yang lucu kalo ngecengin orang seperti komeng, sule, grup patrio, azis dll, tapi banyak juga yang terlalu sadis sampe akhirnya ga terlalu lucu, justru lebih cenderung mengina.

Salah satu ceng-cengan simple yang biasa di tampilkan di televisi, yaitu menyamakan lawan bicara dengan benda-benda, hewan atau apa saja yang dianggap lucu aneh tujuan utamanya yang mendengarkan ketawa.

Yah begitulah ceng-cengan

No comments: